Jumat, 24 Februari 2012

Serba Bali, Sate Lilit Hingga Ayam Betutu


Ubud Hotel & Villas tidak hanya menyuguhkan atmosfer Bali pada penampilan hotelnamun juga menyajikan berbagai menu khas Pulau Dewata tersebut. Mulai dari olahan ayam khas Bali, Ayam Betutu hingga Sate Lilit, Garang Asem Ikan Patin serta Plecing Kangkung dan Sambel Matah sebagai pelengkap santapan.
“Ayam Betutu dikenal sebagai hidangan kerajaan yang diolah secara khusus. Tapi sekarang semua orang bisa menikmatinya,” ungkap General Manager Ubud Hotel & Villas, Kuswadi Rawit.
Olahan ayam ini disebut Ayam Betutu karena pada proses pemasakannya, bumbu yang telah dicincang dan dicampur, dimasukkan ke dalam perut ayam. Umumnya, hidangan disajikan pada upacara-upacara tradisional Bali seperti Odalan, Otonan, upacara pernikahan, dan upacara lain.
“Semua hidangan ini umumnya disajikan dalam satu paket, terdiri atas ayam betutu, sate lilit, plecing kangkung dan sambal matah serta tambahan kacang goreng,” lanjut pria yang akrab disapa Kus ini. Adapun paket ini dapat dinikmati dengan harga Rp 60 ribu.
Sate Lilit dan Garang Asem Ikan Patin, merupakan olahan seafood, makanan khas daerah pesisir. Umumnya penjual Sate Lilit banyak ditemui di kawasan Karang Anyar. Sate yang berbahan dasar ikan kakap atau ikan tenggiri ini memiliki citarasa khas dari batang sereh yang digunakan sebagai tusukan satenya.
Di Malang, belum banyak restoran yang menyuguhkan makanan khas Bali. Kus menjelaskan bahwa citarasa makanan Bali, berbeda dengan masakan di Jawa. Karena bahan rempahnya kebanyakan hanya dicincang halus saja, maka rasa rempah-rempah akan sangat menonjol

Resto Hotel Ubud
Jl. Bendungan Sigura-gura Barat 6 Malang
East Java - Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar